Kamis, 14 Januari 2010

MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK

tugas pak waha(pengkabelan)

November 4, 2009 by zulek1010

Kabel Straight adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan NIC dengan Switch atau NIC dengan Hub atau PC dengan HUB

Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang murah, kinerja yang ditunjukkannya juga relatif bagus. Saya disini akan memberikan solusi bagaimana cara menghapal dengan cepat dua urutan pengabelan yakni Straight dan Cross. Sebelumnya saya akan menjelaskan kegunaan Straight dan Cross. Kabel Straight digunakan untuk menghubungkan NIC dengan Switch atau NIC dengan Hub, sementara kabel Cross digunakan untuk menghubungkan NIC dengan NIC atau Hub dengan Hub.

Berikut ini adalah urutan pengabelan Straight :
Ujung A

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Ujung B

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Berikut ini adalah urutan pengabelan Cross :
Ujung A

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Ujung B

1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Coklat
8. Coklat

Cara cepat menghapalnya adalah cukup mengingat OBIC yang artinya Orange, Biru, Ijo, Coklat. Tetapi anda harus menambahkannya dengan warna putih sebelum OBIC di urutkan. Khusus warna biru anda harus merubahnya dengan warna putih hijau bukan putih biru.
Sedangkan untuk kabel Cross anda cukup mengubah urutan 1 pindah ke 3, urutan 2 pindah ke 6 atau dengan kata lain 1-3, 2-6 dari urutan kabel straight. Untuk kabel Cross Ujung A urutannya kabel Straight dan Ujung B dirubah jadi 1-3, 2-6.

  • Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama NIC

dengan NIC, router dengan router danhub dengan hub. Kabel CrissOver T568A

vs T568A atau T568B vs T568B (lebih sering dipakai), kedua ujung susunannya:

putihhijau-hijau-putihoranye-biru-putihbiru-oranye-putihcoklat-coklat.

  • Kabel Straight-through digunakan untuk menghubungkan NIC dengan hub atau

NIC dengan switch, pc dengan router/hub/switch, dan hub dengan router.

Menggunakan T568A vs T568B. Satu ujung susunannya: putih oranye-oranye putih hijau- biru-putih biru-hijau-putih coklat-coklat dan ujung lainnya susunannya: Putih hijau-hijau-putih oranye-biru-putih biru-oranye-putih coklat-coklat.

Kategori 6: Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat- 5e.

Kategori 6a: Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps.

  • Kategori 7: di desain untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz

Kabel UTP / Kabel LAN Straight atau Crossover dengan RJ-45

Pengertian jaringan adalah interkoneksi antara minimal 2 komputer atau lebih, jika anda ingin membagi/ me- share dokumen,koneksi internet, dll, dengan media Switch mungkin kebutuhan akan jaringan dapat terpenuhi. Switch adalah suatu perangkat networking yang berfungsi sebagai terminal atau muara penghubung dari seluruh kabel-kabel yang ada

.
Tapi apakah jika dirumah yang hanya memiliki 2 komputer saja harus membeli alat swicth? hanya untuk sekedar menghubungan komputer yang satu dengan yang lainya? jawabanya adalah TIDAK, cukup dengan mengolah atau menkonfigurasi ulang kabel UTP atau biasa disebut kabel DATA sebelum anda membuatnya, berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kabel DATA atau UTP:

Alat – Alat Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mulai Merakit Kabel

Sebelum memulai merakit, kita perlu mempersiapkan beberapa item berikut ini:

UTP Cable: Sudah pasti kita membutuhkan item ini J. Pastikan jenisnya CAT5 atau CAT6 yang merupakan standar internasional untuk kabel jaringan

Konektor RJ-45 : RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Untuk kabel telepon biasanya menggunakan RJ-11, dan untuk kabel network tipenya RJ45.

  • Crimping Tool: Ini merupakan senjata kita dalam merakit kabel, karena dia punya kemampuan menyatukan dan menjepit kabel dengan konektor selain juga bisa dipakai untuk memotong kabel.

  • Cable Tester: Ini digunakan setelah kita selesai merakit kabel, berfungsi untuk mengetes apakah kabel sudah dirakit dan berfungsi dengan benar. Alat ini akan lebih bermanfaat jika digunakan dengan radius yang jauh dari satu ujung ke ujung yang lainnya misalnya dari lantai 1 ke lantai 10.

setelah dari alat-alat diatas tersedia, maka kita dapat langsung mencoba untuk mebuat kabel Cross/ straight sesuai kebutuhan, jika anda menginginkan koneksi antar 2 komputer/laptop, anda dapat membuat kabel cross, tapi jika anda menginginkan membuat kabel dengan menggunakan media switch anda dapat membuat kabel dengan pola Straight. dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara membuat kabel cross dan straight.

tugas pak kholiq

October 10, 2009 by zulek1010

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Software Original, shareware, open source, freeware…???

ð software original adalah Software adalah suatu system yang menghubungkan suatu computer(Hardware) dengan User(pengguna) agar dapat tercipta seuatu system yang dapat di berfungsi sesuai kemauan User.

ð => shareware adalah perangkat lunak yang membatasi penggunanya dengan mengurangi fitur-fitur tertentu atau membatasi masa penggunaannya selama jangka waktu tertentu ataupun juga penggabungkan kedua hal ini. Tujuan dari publikasi shareware adalah untuk berbagi fungsi dan keunggulan perangkat lunak itu kepada konsumen sehingga konsumen bisa berkesempatan mencoba secara langsung perangkat lunak tersebut untuk kemudian memutuskan tidak lagi memakai software tersebut atau membeli versi penuhnya.

=> open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).

ð => freeware adalah perangkat lunak bebas yang mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak. Suatu program merupakan perangkat lunak bebas, jika setiap pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut

tugas pak waha

October 8, 2009 by zulek1010
  1. Sebutkan Komponen-komponen komputer yang dibutuhkan dalam merakit sebuah system komputer !

Jawab:- motherboard

- Prosesor

- Memory

- VGA

- Hardisk

- CD/DVD room

- Monitor

- Mouse

- Keyboard

- Cases

2. disebut apakah komponen komputer yang berfungsi sebagai control pusat terjadinya proses di dalam sytem komputer ?

Jawab:Memory
3. Sebutkan jenis – jenis memory yang kamu ketahui !

Jawab:RAM dan ROM
4. Sebutkan urutan langkah merakit komputer dengan baik dan benar ?

Jawab: a. Pasang cases

b.Pasang motherboard didalam cases

c. Pasang prosesor di soketnya

d. Pasang memory di slotnya

e.Pasang VGA di slotnya

f. Pasang hardisk di tempatnya

g. Pasang CD/DVD di tempatnya

h. Pasang mouse/keyboard

i. Pasang monitor

j. nyalakan komputer
5. sebutkan 4 komponen utama mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan dalam merakit komputer?

Jawab:-Motherboard

- Prosesor

- Memory

- VGA

upload data(tugas pak afif)

October 1, 2009 by zulek1010

aba

pemandangan pantai

pemandangan pantai yang sejuk dan banyak pepohonan kelapa yang membuat suasana pantai menjadi sejuk dan indah.

MENEJEMEN KEAMANAN INFORMASI

August 27, 2009 by zulek1010

MENEJEMEN KEAMANAN INFORMASI

Dalam sebuah masyarakat berbasis informasi saat ini, Informasi telah menjadi asset yang sangat berharga bagi suatu organisasi, baik itu pemerintah maupun swasta. Karena itu informasi menjadi sangat penting untuk dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dimana perlindungan informasi ini secara langsung maupun tidak akan menentukan kesuksesan organisasi.

Manajemen keamanan informasi adalah sub bagian dari manajemen keamanan dengan fokus utama adalah pengamanan informasi.

Sedangkan manajemen keamanan komputer dan keamanan TI lebih menitik-beratkan pada sarana dan prasarana yang digunakan untuk pengamanan informasi.

Tugas manajemen keamanan informasi adalah merencanakan keamanan informasi, mengaplikasikannya, memonitor dan melakukan evaluasi.

Pengamanan informasi adalah melindungi informasi dari segala kemungkinan ancaman terhadap informasi yang akan berpengaruh terhadap kinerja dan prestasi organisasi dengan cara meminimalisir kerugian yang dapat ditimbulkan serta memaksimalkan keuntungan dari investasi dan peluang organisasi tersebut.

Dengan menerapkan keamanan informasi, sebuah organisasi dapat menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi secara kontinyu.

Suatu organisasi/instansi perlu mengklasifikasikan informasi yang dihasilkan dan/atau yang diperoleh untuk mendapatkan perlindungan yang sesuai.

Umumnya klasifikasi informasi adalah : umum (bebas), terbatas (dinas) dan rahasia (pribadi).

Ada 3 tehnik melindungi informasi yaitu :

- secara fisik misalnya menyimpan dalam suatu ruangan khusus yang dikunci, dalam lemari besi dll;

- secara organisasi misalnya menunjuk personil khusus dengan regulasi yang jelas, melakukan pendidikan dan pelatihan masalah keamanan informasi untuk meningkatkan kesadaran karyawan tentang pentingnya pengamanan informasi yang baik, dll; dan

- secara logik misalnya dengan menerapkan kriptografi, memasang antivirus dll.

Keamanan informasi sudah seharusnya menjadi perhatian jajaran eksekutif dalam organisasi.


pengenalan penelusuran web (bag 1)

August 26, 2009 by zulek1010

soal:

1.Jelaskan pengertian internet?

Jawab:jaringan terluas yang terhubung ke seluruh dunia antara computer satu dengan computer lainnya
2.Apa fungsi dari internet?
Jawab:sebagai aspek komunikasi dan informasi
3.Sebutkan macam-macam web browser!
Jawab:- mozila firefox
– opera
– yahoo messenger
– internet explorer
4.Apa perbedaan telkomnet@instan dengan speedy!
Jawab:speedy adalah layanan akses internet yang berkecepatan tinggi dari pt.telkom dan memungkinkan terjadinya komunikasi secara bersamaan sedangkan telkom@instan sama-sama merupakan akses internet yang berkecepatan tinggi dan juga pengelolaan dari pt.telkom tapi telkom@instan terjadinya secara bergantian dan tidak bersamaan
5.Bagaimana internet dapat berkomunikasi dengan melihat secara langsung kedua orang yang berkomunikasi tersebut?
Jawab:dengan menggunakan webcam
6.Bagaimana cara bekerja internet?
Jawab:untuk mencari badan usaha atau usaha pribadi yang bergerak dan atau mengarah di bidang eksport
7.Apa perbedaan LAN dengan Internet.
Jawab:LAN adalah sejumlah computer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas,sedangkan INTERNET adalah jaringan terluas yang menghubungkan computer satu dengan computer lainnya
8.Sebutkan fungsi dari perintah stop dan refresh pada url.
Jawab:fungsi stop:untuk mematikan mesin tanpa memutar kunci kontak Fungsi refresh pada url:di gunakan untuk membuat “PENYEGARAN”kembali pada halaman wesite maupun blog.
9.Apa nama web browser produksi perusahaan microsoft? Jawab:www.microsoft.com
10. Mengapa kita membutuhkan web browser?
jawab:karena kebanyakan orang membutuhkan informasi yang akurat


MACAM- MACAM KOMPONEN KOMPUTER

August 20, 2009 by zulek1010

berkenalan dengan port usb

MACAM-MACAM PORT

PORT USB

USBPort

Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik.

Selamat tinggal port paralel dan serial yang lamban, kini jamannya Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play (bukan lagi Plug and Pray). Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus berkecepatan tinggi semacam IEEE 1394. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB:

  • Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps (bahkan untuk versi terbaru, bisa mencapai kecepatan 480 mbps!)
  • Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal
  • Diterima secara luas, baik dari sisi hardware, software (baca: sistem operasi), ataupun pengguna
  • Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh

PORT PARALEL

PORT PARALEL

Port paralel (DB-25) adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic, maka port ini juga disebut dengan Centronics port.

Kesederhanaan port ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuat port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

PORT SERIAL

Serial_port

dalam komputasi,sebuah serial port adalah serial komunikasi melalui antart muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada satu waktu atau kontras paralel port.

PS/2 PORT

PS 2 PORT

Ps 2 konektor di gunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer. Namanya berasal dari IBM Personal System / 2 rangkaian komputer pribadi, yang telah diperkenalkan pada tahun 1987. Yang PS / 2 mouse Konektor umumnya menggantikan tua DE-9 RS-232 “serial mouse” konektor, sementara keyboard konektor diganti dengan yang lebih besar 5-pin DIN yang digunakan dalam IBM PC / AT desain. Yang PS / 2 mouse dan keyboard antarmuka yang mirip elektrik dan mempekerjakan protokol komunikasi yang sama. Namun, suatu sistem keyboard dan mouse port mungkin tidak yg dpt sejak dua perangkat yang berbeda menggunakan sekumpulan perintah. Mengikuti rilis USB keyboard, PS / 2 keyboard dan mouse menjadi kurang populer.

FUNGSI MACAM-MACAM DARI PORT

1. serial port & PS-2 Port
Untuk menghubungkan Mouse & Keyboard
2. Paralel Port
Untuk Menghubungkan Printer
3. Lan Port
Untuk menghubungkan computer ke jaringan

4. USB Port
Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb,
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya

KESIMPULAN

* port usb termasuk input-output

* port paralel termasuk input-output

*port serial termasuk input-output

*port ps2 termasuk input

*rj 45 termasuk output

RJ-45 Connector Configuration

Ah, sambil mengingat-ingat kontfigurasi penulis iseng-iseng menulis konfigurasi untuk crimping kabel RJ-45. Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.

  1. Straight Through Configuration
    Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer kita di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45. Berikut susunan warna kabel untuk tipe konektor RJ-45 Straight Through:

  2. Cross Over Configuration
    Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat, sebagai contoh koneksi antara PC to PC, atau PC ke AP Radio, Router to router. Berikut konfigurasi pengkabelan/pemasangan konektor RJ-45:
      Color Codes for T568B

    Pin color pair name

    --- ----- ---- ---------

    1 wh/or 2 TxData +

    2 or 2 TxData -

    3 wh/grn 3 RecvData+

    4 blu 1

    5 wh/blu 1

    6 grn 3 RecvData-

    7 wh/brn 4
    8       brn     4
  3. Kabel Rollover
    Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk mengakses router dengan PC/laptop kita. Konfigurasi kabel jenis ini cukup simpel karena kita tinggal membalik urutan kabel yang kita pasang di satu sisi. Misal kita menggunakan standar 568B (standar untuk kabel straight through), maka kita tinggal membalik urutan menjadi coklat untuk urutan pertama di ujung kabel yang lain. Berikut deskripsi untuk memudahkan kita membuat kabel rollover.

rollover cable


MACAM-MACAM KOMPONEN KOMPUTER

1. motherboard(manframe)

2. prosesor

3. memory

4. VGA

5. hardisk

6. CD/DVD ROOM

7. monitor

8. keyboard

9. mouse

10cases (casing)

1. Motherboard

motherboard

Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

# macam-macam motherboard

1. Soket intel

2. Slot AGP

3. Slot PCI

4. Slot ISA

5. Slot RAM

6. IBM PC

2. Prosesor

prosesor

prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruk si pada komputer.

# macam-macam prosesor

1. prosesor intel

2.prosesor AMD

3. Memory

memory

Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer

# Macam-macam memory

1. RAM

2. ROM

3. PROM

4. EPROM

5. EEPROM

6. Flash ROM

4. VGA

VGA

Kartu VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer kalian. Hampir semua program menghasilkan keluaran visual, kartu VGA adalah hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar